Pasar Kumbasari Segera Terapkan Parkir Elektronik

  • 28 Oktober 2019
  • Oleh: PD. Pasar Kota Denpasar
  • Dibaca: 73 Pengunjung

Pasar Kumbasari di Jalan Gajah Mada, Denpasar, mulai Senin 28 Oktober 2019 mendatang, akan menggunakan parkir elektronik (e-Parkir). Itu artinya Pasar Kumbasari merupakan pasar kedua yang menerapkan e-parkir setelah Pasar  Badung. Penerapan tersebut untuk menekan kebocoran pendapatan, khususnya yang bersumber dari retribusi parkir.

Itu dikatakan Direktur Utama PD. Pasar Kota Denpasar, I.B. Kompyang Wiranata, didampingi Direktur Umum, A.A Ngurah Yuliartha, Kamis 24 Oktober 2019.

Kompyang Wiranata mengatakan, setelah Pasar Badung, e-parkir akan diterapkan pada sistem perpakiran di Pasar Kumbasari. Saat ini peralatannya tengah dipasang dan konek dengan Pasar Badung. “Kami harapkan paling lambat Senin 28 oktober 2019 nanti sudah beroperasi,” kata Kompyang Wiranata.

Setalah di Pasar Kumbasari, kata dia, akan dilanjutkan di Pasar Gunung Utara dan Pasar Cokroaminoto (eks Tiara Grosir, red). Untuk Pasar Gunung dan Pasar Cokroaminoto ini diharapkan sudah bisa beroperasi Desember 2019 nanti. “Tahun ini diharapkan empat pasar sudah menerapkan e-parkir. Tahun depan ditargetkan  semua pasar menerapkan e-parkir, kecuali Pasar Satria yang memang tidak memiliki lahan parkir.” “Cuma untuk pasar yang tak bisa dipasang alat atau mesin, nanti akan diterapkan e-parkir dengan system mobile. Semua ini dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan   PD. Pasar. Dengan e-parkir diharapkan dapat menekan kebocoran,” kata Kompyang Wiranata.

Sementara itu, Direktur Umum A.A. Ngr Yuliartha mengatakan, kini pihaknya sudah memasang 4 alat e-parkir. Yakni, di pintu masuk melalui Jalan Gajah Mada dan pintu keluar di Gang C menuju Jalan Gunung Kawi. Empat alat tersebut digunakan untuk parkir masuk sepeda motor dan mobil. Begitu juga alat untuk pintu keluar dipasang pada satu titik yakni di Gang C.

Selain itu, untuk pintu keluar juga akan dibuka ke selatan menuju Pasar Badung yang kini masih ditutup sementara. Parkir keluar menuju Pasar Badung akan jadi satu dengan Pasar Badung yang sudah di pasang saat ini. “ Kami akan menerapkan operasional e-parkir di Pasar Kumbasari setelah Pasar Badung yang sudah bagus sistemnya. Nah, di Pasar Kumbasari ini sudah dipasangi alat, tinggal finishing saja, Senin sudah bisa dioperasikan,” ungkapnya.

Selain itu, kaya A.A. Ngr Yuliartha bagian umum dan personalia masih menyiapkan perekrutan tenaga dan pelatihan khusus untuk pengoperasian alat tersebut. “ Kami harus persiapkan perekrutan tenaga dan palatihan agar yang memegang pengoperasian alat tersebut nantinya benar-benar menguasai,” imbuhnya.

Dikatakan, untuk bulan Oktober ini baru bisa menerapkan e-parkir di dua pasar yakni Pasar Badung dan Kumbasari. Sementara untuk dua pasar lainnya yakni Pasar Gunung Agung Utara dan Pasar Cokroaminoto ditargetkan bisa menerapkan e-parkir pada akhir 2019 ini.


  • 28 Oktober 2019
  • Oleh: PD. Pasar Kota Denpasar
  • Dibaca: 73 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ida Bagus Kompyang Wiranata, SE

09

Apr

09

Apr

Kepala Lingkungan Kepuh Peguyangan

Keluhan