Sejarah

Pemerintah Kota Denpasar berdiri pada tanggal 27 Februari 1992. Berdirinya Pemerintah Kota Denpasar yang sebelumnnya merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Badung, yang mana karena pertumbuhan dan perkembangan penduduk Kota Denpasar maka memerlukan penanganan secara khusus dan tertata dengan baik.

Kota Denpasar mewilayahi 4 kecamatan meliputi Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan dan Denpasar Utara, yang jumlah penduduknya saat ini adalah sekitar 606.077 jiwa. Seiring dengan berdirinya Pemerintah Kota Denpasar, maka Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar pun terbentuk pada tanggal 1 Agustus 1994.

Terbentuknya Perusahaan Daerah Kota Denpasar tentu juga sebelumnya adalah menjadi satu kesatuan yang sebelumnya bernama Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Badung karena adanya pembagian wilayah maka terbentuklah Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar. Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar mengelola pasar-pasar yang berada di wilayah Pemerintah Kota Denpasar, yang terdiri dari 16 pasar-pasar tradisional.

Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Badung terbentuk pada tanggal 1 April 1986. Maksud dan tujuan terbentuknya Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Badung saat itu adalah ikut berperan serta “memajukan perekonomian khususnya para pedagang tradisional dan menampung tenaga kerja serta menciptakan lapangan kerja”
Maksud dan tujuan tersebut sampai saat ini pun masih menjadi hal yang dikedepankan dalam mengelola Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar.

Demikian sekilas terbentuknya Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar.

Ida Bagus Kompyang Wiranata, SE